UMKM Go Online ! ini Cara Yang Terbaik Harus di Lakukan
Saat Ini UMKM Banyak yang mengalami kemunduran omset sejak pandemi melanda, lantaran kebanyakan UMKM di indonesia hanya fokus dalam penjualan offline saja, dan kini memaksa para owner UMKM untuk go Online, Apa yang harus di lakukan saat ingin memulai usaha online ? Baca artikel ini sampai selesai.

Dampak Pandemi Pada Ekonomi UMKM

Pandemi Covid 19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik hampir di seluruh negara, termasuk di Indonesia (Pakpahan, 2020). The World Trade Organisation (WTO) memperkirakan bahwa volume perdagangan dunia secara global akan menurun sekitar 32% pada tahun 2020 (Islam, 2020).

Pembatasan aktivitas masyarakat sebagai upaya penanganan pandemi Covid 19 telah menimbulkan kerugian ekonomi yang signifikan secara nasional (Hadiwardoyo, 2020). 

Sektor yang terkena dampak selama pandemi Covid 19 adalah transportasi, pariwisata, perdagangan, kesehatan dan sektor rumah tangga.

Kompas com / Money

Dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan sektor UMKM. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi diketahui bahwa 1.785 koperasi dan 163.713 pelaku UMKM terdampak pandemi Covid 19. Kebanyakan koperasi yang terkena dampak Covid 19 bergerak pada bidang kebutuhan sehari-hari, sedangkan sektor UMKM yang paling terdampak yakni makanan dan minuman.

Kementerian Koperasi dan UMKM juga mengatakan bahwa koperasi yang bergerak pada bidang jasa dan produksi juga paling terdampak pada pandemi Covid 19. Para pengelola koperasi merasakan turunnya penjualan, kekurangan modal, dan terhambatnya distribusi. 

Sementara itu sektor UMKM yang juga merasakan dampak selama pandemi Covid 19 adalah industri kreatif dan pertanian.

Apa Saja Langkah Yang Harus di Lakukan UMKM untuk Menghadapi ini ?

Saat ini UMKM mengalami aneka macam pertarungan misalnya penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun & PHK buruh, hal ini sebagai ancaman bagi perekonomian nasional.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM yaitu dengan mengembangkan social media dan mendalami segala kemungkinan digital yang mungkin dapat membantu memulihkan UMKM itu sendiri, berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan :

Susun Taktik Pemasaran Digital

Susun Taktik Pemasaran Digital Merchant id

Hal yg perlu dilakukan sang UMKM pada masa pandemi selain menyusun taktik keuangan yaitu menyusun taktik pemasaran digital buat memudahkan UMKM pada memasarkan produk & jasa yg dimiliki secara digital.

Keuntungan berdasarkan pemasaran digital merupakan pelaku usaha bisa menggunakan gampang menghitung konversi & mengukur keberhasilan berdasarkan taktik yg telah disusun tersebut, dan memudahkan buat menganalisa kebutuhan & konduite konsumen yg sinkron menggunakan sasaran market.

Membuat Website

Dengan menciptakan website sebagai media promosi online dipercaya efektif buat meningkatkan merk awareness dan memudahkan UMKM pada menjangkau konsumen yg lebih luas, jika kita tidak memiliki skil dalam membuat website bisa menggunakan Jasa pembuatan website yang di sediakan pihak ke 3.

Digital Ads

Dengan menciptakan iklan berbasis digital misalnya Youtube ads, Facebook ads, & Google ads dipercaya efektif buat meningkatkan merk awareness dan memudahkan UMKM pada menjangkau konsumen yg lebih luas.

Media Sosial

Berdasarkan penelitian tentang penggunaan media umum di Indonesia, menandakan bahwa setiap harinya rakyat Indonesia meluangkan saat selama lebih menurut tiga jam buat beraktivitas dalam media umum.

Jasa Pembuatan website Murah

Jasa Pembuatan website Murah Google Img

Mengapa Harus Website ? Website digunakan sebagai media promosi online, untuk memperkenalkan produk, layanan, jasa, dan perusahaan Anda ke seluruh Dunia. Dengan memiliki Website, Anda selangkah lebih maju untuk proses pemasaran dan pengenalan Produk yang Anda miliki, dan imbasnya adalah Anda akan mendapatkan banyak penawaran dari orang-orang yang butuh terhadap produk atau jasa Anda.

Untuk mengembangkan Bisnis dan meningkatkan Income dengan Website Profesional ! pelaku UMKM yang tidak memiliki skil membuat website yang profesional wajib menggunakan Jasa Website Murah, agar Owner UMKM dapat tetap fokus ke pengadaan barang dan keuangan saja.

Beralih Dalam Marketplace & e-Commerce

Seperti yg telah dibahas sebelumnya tentang pergeseran konduite konsumen pada masa pandemi, melakukan belanja online nyatanya sebagai pilihan favorit konsumen buat memenuhi hasrat dan kebutuhan pada masa social distancing ini.

Hal ini bisa dibuktikan menggunakan output kuesioner Badan Pusat Statistik tentang transaksi jual beli online. Hasilnya, nomor penjualan online melonjak tajam semenjak adanya arahan social distancing berdasarkan pemerintah.

Demikian Artikel yang dapat membantu UMKM Go Online ! semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

Facebook Conversations