Biasanya sesorang yang memiliki usaha atau bisnis pasti selalu membutuhkan Invoice kan gunanya untuk menagih suatu pembayaran proyek atau pembayaran jasa digital.

Sebelum membahas Cara Membuat Invoice Profesional di Microsoft Word Baca Dulu Sejarah Singkat ini.

Sebelum membahas Cara Membuat Invoice Profesional di Microsoft Word Baca Dulu Sejarah Singkat ini.

Dilanjir Dari Laman Wikipedia, Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, namanya disingkat menjadi Word.

Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Sebuah Invoice

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Sebuah Invoice binaries.templates.cdn.office.net

Identitas Perusahaan Anda

Di dalam sebuah invoice tagihan hal paling utama yang perlu dicantumkan adalah identitas perusahaan Anda sebagai penagih. Di antara identitas yang perlu ditampilkan adalah logo perusahaan, nama perusahaan, alamat, kontak, jasa layanan dan sebagainya.

Cara ini adalah bagian dari promosi gratis yang bisa Anda sampaikan kepada konsumen. Ingat, siapa saja mungkin akan melihat tagihan tersebut, bukan hanya pelanggan Anda.

Kemungkinan juga bagi pelanggan baru, informasi identitas tentang perusahaan Anda menjadi hal penting yang perlu disimpan. Terutama nomor dan informasi kontak.

Informasi Transaksi

Invoice adalah bukti tagihan transaksi penjual kepada pembeli, maka informasi tentang transaksi yang disajikan harus jelas. Misalnya besar harga dan jumlah tagihan, jenis barang, tanggal transaksi, nomor tagihan, tanggal jatuh tempo dan sebagainya. Hal ini penting sebagai informasi dan panduan bagi konsumen.

Konsumen sendiri terkadang membutuhkan invoice tersebut untuk kebutuhan laporan keuangan baik itu secara pribadi, lembaga atau organisasi.

Informasi Konsumen

Tak hanya identitas Anda sebagai penagih, konsumen pun perlu dicantumkan datanya. Misalnya nama, alamat, nomor kontak dan sebagainya. Hal ini juga untuk memudahkan dokumentasi Anda pada identitas pelanggan.

Informasi tentang syarat dan ketentuan pembayaran ini menjadi hal penting yang harus dicantumkan sebagai pedoman bagi konsumen sebelum melakukan transaksi. Memberikan keterangan kepada konsumen terkait ketentuan pembayaran dan bertransaksi di tempat Anda tanpa harus repot menjelaskan secara lisan.

Saat ini dijaman serba digital pelaku usaha sangat membutuhkan peran Microsoft Word tapi jika pelaku usaha tidak install office word di laptop kini mereka tetap bisa membuat Invoice dengan bantuan teknologi digital.

Oh iya jika kita tidak tau caranya membuat sebuah invoice atau bahkan tidak mengenal microsoft word ada baiknya kalian coba belajar di Microsoftonline.id

Jika anda awan dalam melakukan atau membuat sebuah invoice yuk belajar di Microsoftonline Di situs ini anda bisa belajar membuat Invoice yang rapih dan profesional, mulai dari cara membuat ukuran kertas, sampai jika terjadi kendala pada microsoft kamu juga akan di berikan arahan serta solusi komponen penting apa yang harus di perbaiki.

Oh iya Walaupun desain sudah menarik namun informasi yang diberikan tidak begitu jelas, bagaimana kamu bisa mendapatkan penagihan pembayaran dari pelanggan? Jadi, apa saja yang harus diperhatikan:

  • Nama Pengirim dan Penerima.
  • Produk /Jasa.
  • Jumlah Kuantitas (Produk).
  • Pajak dan Diskon (Jika Ada).
  • Jatuh Tempo Pembayaran

Nah demikian artikel ini di buat, untuk kalian yang ingin belajar bagaimana Cara Membuat Invoice Profesional di Microsoft Word yuk mulai belajar dari sekarang agar semua tagihanmu terbayarkan oleh client.

Ringan.iD
Official Verified Account

Ringan.id adalah platform inovatif yang menyediakan berbagai informasi terkini tentang gaya hidup sehat, teknologi, berita viral, video dan tips produktivitas. Dengan fokus pada kemudahan dan keringanan, Ringan.id menjadi destinasi utama bagi individu yang mencari portal berita praktis untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

What's your reaction?


You may also like

Comments

https://ringan.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations