Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan kemudahan untuk melakukan apapun dalam media virtual atau online, menjadikan banyak orang lebih menyukai melakukan apapun secara online. Apalagi setelah adanya pandemi, orang-orang semakin membatasi aktivitasnya di luar rumah dan mengerjakan segala hal dari rumah saja. Termasuk juga dalam mengurus segala kebutuhan kemasan produk dengan membuat desain kemasan online.

Hal ini tentu bukan hal yang negatif.

Hal ini tentu bukan hal yang negatif.

Mengingat adanya kemudahan yang ditawarkan dengan membuat kemasan secara online. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai membuat desain kemasan online.

Tetapi sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diketahui dulu mengenai tujuan dari kemasan itu sendiri.

1. Perlindungan produk

Pada dasarnya fungsi utama dari kemasan adalah sebagai perlindungan produk dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak produk di dalamnya. Faktor eksternal tersebut seperti kelembaban, cahaya, panas dan faktor eksternal lainnya. Kemasan dapat melindungi produk selama proses pendistribusian produk berlangsung mulai dari tangan produsen hingga

sampai ke tangan konsumen. Perlindungan produk pun salah satu tujuan paling penting dari sebuah kemasan.

2. Mempermudah penyimpanan

Tujuan lain dari sebuah kemasan adalah untuk mempermudah penyimpanan. Dengan kemasan, produk dapat ditumpuk, diberdirikan, bahkan dipajang dengan mudah daripada produk tanpa kemasan. Tak jarang kemasan pun dapat meningkatkan lama masa penyimpanan produk juga. Beberapa cara terbaik untuk menjaga produk tahan lebih lama adalah dengan proses pemberian nitrogen ke dalam kemasan dan dikembungkan seperti pada kemasan makanan ringan serta proses vacuum yang kerap dilakukan pada produk makanan frozen.

3. Menambah nilai jual produk

Kemasan saat ini tidak hanya digunakan sebagai pembungkus produk saja. Namun, digunakan pula sebagai media promosi untuk dapat menarik konsumen. Maka dari itu, para pengusaha berlomba-lomba untuk menyajikan kemasan dengan visual yang menonjol agar kemasan bisa memancing perhatian konsumen meskipun hanya dilihat dari kejauhan.

4. Informasi Produk

Tujuan lain dari kemasan adalah untuk memberikan informasi kepada calon konsumen mengenai produk yang ada didalamnya. Sebab, hal ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan calon konsumen ketika hendak membeli produk tersebut. Contoh informasi yang tertera pada kemasan yaitu, untuk produk makanan tanggal pengemasan, tanggal kadaluwarsa dan daftar bahan yang digunakan harus terlihat jelas pada kemasannya. Semua informasi ini menambah keamanan produk bagi konsumen.

Tips Membuat Desain Kemasan Online

Nah, itu dia hal-hal yang menunjukan begitu pentingnya sebuah kemasan bagi sebuah produk. Dengan peran kemasan yang sangat penting tersebutlah, maka jangan membuat desain kemasan produk sembarangan. Siapa yang menjamin bahwa keempat tujuan kemasan tersebut dapat terpenuhi? Maka dari itu, perhatikan beberapa hal berikut dalam desain kemasan online:

1. Carilah Referensi Desain Sebanyak Mungkin

1. Carilah Referensi Desain Sebanyak Mungkin

Sebelum memulai untuk membuat desain kemasan online, sebaiknya kamu mencari banyak referensi. Kamu bisa mencari referensi kemasan untuk produk kamu dari mana saja, misalnya dari website, sosial media, atau supermarket. Bahkan kamu juga bisa perhatikan kemasan produk dari kompetitor untuk mendapatkan inspirasi. Hal berikut sering sekali terlewat

dalam membuat sebuah desain kemasan, padahal melalui cara ini kamu dapat mengetahui tren kemasan seperti apa yang sedang digemari oleh masyarakat melalui referensi-referensi yang ada. Kamu pun dapat melihat kelemahan-kelemahan yang terdapat pada kemasan kompetitor dan dapat kamu sempurnakan kekurangan tersebut pada kemasan produk kamu. Kamu pun juga bisa untuk konsultasi terlebih dahulu sebelum membuat desain kemasan online dengan produsen kemasan yang kamu pilih mengenai referensi-referensi yang telah kamu kumpulkan.

2. Pilihlah Jenis Kemasan yang Unik

Terlepas membuat desain kemasan online ataupun offline, keduanya sama-sama harus memperhatikan jenis kemasan yang dipilih. Jenis kemasan yang dipilih haruslah unik. Sebab, kemasan yang unik dapat meningkatkan rasa penasaran calon konsumen. Setidaknya, calon konsumen dapat melihat produk kamu lebih lama karena kemasan yang unik tersebut. Terdapat banyak jenis kemasan unik yang dapat kamu pilih seperti kemasan gusset yang dapat dilengkapi dengan valve, kemasan standing pouch yang dapat diberdirikan, kemasan central seal yang dapat dikembungkan, kemasan vacuum pack yang dapat menyimpan produk lebih tahan lama, dan kemasan three block seal yang memiliki ukuran sangat compact. Kelima jenis kemasan tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan produk kamu sebelum kamu membuat desain kemasan online.

3. Pilihlah Produsen Kemasan Berpengalaman

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih produsen kemasan ketika hendak membuat desain kemasan online adalah jam terbang produsen kemasan atau pengalaman dari produsen kemasan tersebut dalam memenuhi kebutuhan kemasan para pelanggannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman merupakan indikator penting dalam memilih sebuah jasa. Memilih jasa produsen kemasan yang telah berpengalaman tentu lebih menguntungkan dari segi waktu, tenaga, dan biaya, karena memilih jasa produsen kemasan yang berpengalaman akan meminimalisir kesalahan yang ada sehingga tidak membuang-buang waktu, tenaga dan juga biaya penggantian yang dikeluarkan. Jadi, pastikan memilih produsen kemasan yang telah berpengalaman sebelum memutuskan untuk desain kemasan online.

4. Pilihlah Produsen Kemasan yang Memiliki MOQ Rendah

MOQ atau Minimum of Quantity adalah jumlah minimum kemasan yang dicetak dari satu desain kemasan. Mengapa harus memilih produsen kemasan dengan MOQ rendah dalam membuat desain kemasan online? Salah satunya adalah faktor keamanan. Kamu tidak dapat mengunjungi produsen kemasan karena memesannya melalui online atau berada jauh dari daerahmu, bagaimana jika hasil cetakan dari kemasan tersebut jelek? Nah,

apabila MOQ rendah membuat kamu tidak terlalu rugi apabila kemasan yang dicetak tidak sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, MOQ yang rendah dapat memudahkan kamu untuk menyimpan kemasan di gudang. Kamu tidak perlu menyajikan gudang penyimpanan yang terlalu besar. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mengganti desain pada kemasan apabila kamu sudah bosan dengan desain yang lama.

5. Pilihlah Produsen Kemasan yang Memudahkan Pengiriman

Salah satu kesulitan dalam membuat desain kemasan online adalah proses pengirimannya. Apalagi jika lokasi produsen kemasan dan lokasi kamu sangat jauh. Maka dari itu, pilihlah juga produsen kemasan yang memiliki kemudahan dalam pengiriman. Pilihlah produsen kemasan yang memiliki berbagai pilihan pengiriman seperti metode pickup, jasa logistik seperti JNE, Go-Send, Grab, Kargo, dan Lain-lain.

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM

Nah, itu dia beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum membuat desain kemasan online. Apabila kamu kesulitan untuk memulainya, kamu bisa menghubungi Supernova Digipack. Karena Supernova Digipack dapat memberikan kamu berbagai referensi desain yang sesuai dengan produk kamu. Sehingga, kamu lebih mudah dalam menentukan desain kemasan seperti apa yang kamu inginkan. Supernova Digipack pun telah berpengalaman lebih dari 30 tahun, sehingga kami memiliki berbagai macam contoh hasil pekerjaan kami yang dapat pula kamu jadikan referensi. Jadi, walaupun kamu membuat desain kemasan online kamu tetap dapat memiliki referensi desain selayaknya membuat desain kemasan offline. Selain itu, Supernova Digipack pun memiliki berbagai jenis kemasan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan produk kamu, seperti kemasan gusset, three block seal, central seal, vacuum, dan standing pouch. Supernova Digipack pun memiliki kemudahan dalam proses pengiriman. Sehingga, untuk kamu yang membuat desain kemasan online dan berada di area yang cukup jauh tidak perlu khawatir. MOQ yang ditawarkan Supernova Digipack pun cukup bersaing. Hanya dengan MOQ 500 pcs* saja, kamu bisa mencetak kemasan yang kamu inginkan.

Selain Supernova Digipack memenuhi kelima hal diatas, Supernova Digipack pun memiliki keunggulan lain, yaitu penggunaan teknologi terbaru dan canggih. Supernova Digipack menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 agar bisa menghasilkan kemasan berkualitas setara kelas industri. Kemasan yang dihasilkan berwarna sangat tajam, kontras, dan tidak mudah pudar. Kamu pun tidak perlu ragu dengan kualitas kemasan yang kamu pesan meskipun kamu membuat desain kemasan online.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera pesan desain kemasan online hanya di Supernova Digipack! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack, ya!

*S&K berlaku

Ringan.iD
Official Verified Account

Ringan.id adalah platform inovatif yang menyediakan berbagai informasi terkini tentang gaya hidup sehat, teknologi, berita viral, video dan tips produktivitas. Dengan fokus pada kemudahan dan keringanan, Ringan.id menjadi destinasi utama bagi individu yang mencari portal berita praktis untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

What's your reaction?


You may also like

Comments

https://ringan.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations