Ke mana kamu habisnya uang setiap bulan? Padahal Baru minggu lalu terima gaji, eh sekarang kantong sudah kering. Yuk belajar Cara Mengatur & Mengelola Keuangan Dengan Baik.

Cara Mengatur Keuangan untuk Millennial

Cara Mengatur Keuangan untuk Millennial

Tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif menjadi salah satu faktor utama para generasi milenial ini cenderung lebih suka menikmati hidup hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, belanja online, nonton konser serta hiburan-hiburan lainnya. Hal ini tentunya merupakan sebuah fakta mengkhawatirkan, terutama mengingat terus melambungnya harga tanah, properti hingga kebutuhan pokok yang bisa terjadi kapan saja.

Mengelola keuangan dengan baik salah satunya itu adalah Menabung dan itu jelas tidak mudah, maka dari itu dibutuhkan tekad yang bulat dan pengelolaan keuangaan yang baik agar bisa menyisihkan pendapatan kita agar lebih maksimal. Tapi jangan khawatir, untuk para generasi milenial yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan, yuk simak tips Cara Mengatur & Mengelola Keuangan Dengan Baik.

1. Tentukan prioritas

Istilah YOLO (You Only Live Once) dan FOMO (Fear of Missing Out) seringkali dijadikan justifikasi millennials dalam perilaku konsumtif. Jangan hanya secara buta mengikuti tren tanpa memahami skala prioritas kebutuhan. Millennials kerap kesulitan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Hindari hal-hal yang bersifat konsumtif yang bukan kebutuhan utamamu, seperti terlalu sering belanja online dan hangout. Tentukan prioritas kebutuhan kamu dengan mengidentifikasi kegiatan sehari-hari kamu terlebih dahulu, hindari membeli barang dengan dasar keinginan bukan kebutuhan!

2. Smart Spending

Millennials cenderung membeli sesuatu tanpa memperhatikan kondisi keuangan dan jangka panjang. Kesulitan membedakan keinginan dan kebutuhan menyebabkan millenials cenderung sulit mengelola keuangan.

3. Investasi & Asuransi

Di umur yang masih muda cara mengatur keuangan, menjadi waktu yang tepat bagi generasi millennials untuk mulai  menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Fenomena FIRE (Financial Independence Retire Early) yang sedang trend di kalangan millennials membuat millennials banyak mencari ‘side hustle’ atau melakukan investasi yang bersifat ‘high risk high return’, namun perlu dipahami bahwa investasi yang bersifat high risk tentunya perlu diimbangin dengan pengetahuan dan analisa yang mendalam, oleh karena itu peran financial advisor sangat penting untuk investor pemula khususnya millennials.

Akses ke ahli keuangan kapanpun kamu butuh

Akses ke ahli keuangan kapanpun kamu butuh PinaClassroom

Dengan PinaClassroom kalian bisa banget banyak belajar tentang mengatur keuangan dengan mengikuti Classroom, artikel yang di bahas juga sangat mudah dimengerti loh untuk kaum Millennial.

Oh iya Untuk kamu yang baru memulai karir atau sedang mempersiapkan dana pensiun, ahli keuangan dari PinaClassroom akan memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan kamu.

Di sini kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik, tips & trick tentang cara menabung, mengelola pemasukan, dan berinvestasi.

Ringan.iD
Official Verified Account

Ringan.id adalah platform inovatif yang menyediakan berbagai informasi terkini tentang gaya hidup sehat, teknologi, berita viral, video dan tips produktivitas. Dengan fokus pada kemudahan dan keringanan, Ringan.id menjadi destinasi utama bagi individu yang mencari portal berita praktis untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

What's your reaction?


You may also like

Comments

https://ringan.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations