Ketika memilih produk yang ingin kamu beli, baik itu produk makanan, minuman, maupun lainya, apakah yang pertama kamu lihat? Pasti kemasannya, bukan? Itulah alasan mengapa kemasan bisa disebut sebagai ujung tombak penjualan suatu produk makanan.
shutterstock photo ID: 1331911289

Sebelum mengetahui rasa dan kualitas suatu makanan, hal pertama yang diketahui oleh calon konsumen kamu adalah kemasan produk. Karena itu, untuk kamu yang sedang memulai bisnis makanan, kamu perlu kemasan makanan unik dan kreatif agar bisa mengundang selera dan keinginan konsumen untuk mencoba produk kamu.

Berikut ini 5 Tips Mendesain Kemasan Makanan yang Unik dan Kreatif

Terlepas dari pentingnya hal ini, kamu pasti tahu bahwa mendesain kemasan makanan unik dan kreatif bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu baru memulai bisnismu. Kamu mungkin bertanya-tanya, desain seperti apakah yang dianggap unik dan kreatif? Lalu, bagaimana cara menemukan ide untuk desain tersebut? Bagaimana cara memastikan bahwa kualitas kemasan tetap terjaga? Untuk itu, yuk simak tips untuk mendesain kemasan makanan unik dan kreatif berikut ini!

1. Tentukan strategi pemasaran secara keseluruhan

Langkah ini sangat penting untuk setiap bisnis rintisan. Sebelum menentukan desain kemasan, kamu harus memahami kebutuhan produk kamu. Fase riset ini akan membantumu menentukan strategi pemasaran secara keseluruhan untuk mengetahui rancangan kemasan seperti apa yang kamu butuhkan. 

Di proses riset ini, kamu akan mengetahui siapa target konsumen dan kompetitor bisnis kamu. 

Dengan kedua informasi ini, kamu akan mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan target konsumen dari kemasan makanan, dan bagaimana cara menyaingi kompetitor dalam menciptakan kemasan makanan unik dan kreatif. Jadi, pastikan kamu bersabar dalam proses riset ini, ya! Waktu yang kamu habiskan untuk proses ini merupakan investasi yang penting untuk merancang kemasan yang tepat untuk produk makananmu.

2. Tentukan pembeda untuk desain kemasan

Selain mengetahui kebutuhan strategis desain kemasan makanan, kamu juga harus menjadikan desain kemasan stand out dibandingkan produk lain. Bayangkan bagaimana produk itu akan berdampingan dengan ratusan pilihan produk lain di toko swalayan. Pastinya kamu memerlukan suatu desain kemasan yang berbeda dari yang lain untuk menarik perhatian calon konsumen. 

Oleh karena itu, salah satu kunci menentukan desain kemasan makanan unik dan kreatif adalah berani untuk menjadi berbeda dari kompetitor. Jangan takut untuk membuat suatu desain yang belum pernah dibuat sebelumnya, ya!

3. Pilih rangkaian warna yang tepat

Ketika memilih produk, secara sadar maupun tidak sadar, warna pasti sangat mempengaruhi kita dalam menentukan pilihan. Kecenderungan yang jarang disadari dalam memilih dan merespon terhadap warna ini bisa kamu manfaatkan dalam desain kemasan makanan unik dan kreatif untuk menarik mata target konsumenmu.

Mengingat pentingnya peran warna dalam menarik konsumen, kamu harus mempertimbangkan strategi pemasaranmu dalam menentukan warna kemasan makanan unik dan kreatif. Hal ini penting sekali karena bahkan tingkatan yang berbeda dari warna yang sama pun bisa memberi pengaruh yang besar. Misalnya, warna biru langit terang memberi kesan menyenangkan, sementara biru gelap memberikan kesan profesional dan serius. Jadi, pastikan kamu memilih warna yang sesuai dengan kesan yang ingin kamu tampilkan untuk produk makananmu.

4. Susun komunikasi yang efektif dan menarik

Salah satu hal terpenting yang dibutuhkan dalam desain kemasan makanan adalah kemampuannya untuk "berbicara" dengan konsumen. Agar menjadi kemasan makanan unik dan kreatif, kemasanmu harus bisa memperkenalkan produk yang ada di dalamnya dan keunggulannya. Komunikasi ini bisa memberitahu konsumen seluruh informasi yang mereka butuhkan dalam memutuskan produk yang ingin mereka beli.

Namun, tak hanya sampai disitu saja. Selain memberikan informasi yang penting untuk diketahui konsumen, komunikasi di kemasan makanan unik dan kreatif juga harus menarik dan meyakinkan konsumen untuk membeli. Singkatnya, selain memberitahu konsumen apa yang akan mereka beli, kamu juga harus memberitahu mereka mengapa mereka harus membeli produk tersebut.

5. Pastikan kemasanmu selalu diingat konsumen

Pernahkah kamu memperhatikan, ada beberapa brand besar yang selalu menjadi andalan banyak orang? Brand-brand top of mind tersebut pasti menjadi nama pertama yang diingat konsumen ketika mereka membutuhkan sesuatu. Apa yang menjadikan brand tersebut selalu diingat konsumen? Persamaan dari beberapa brand tersebut adalah kemasan yang khas dan tidak terlupakan. Kombinasi antara komunikasi, warna, dan desain kemasan makanan unik dan kreatif pasti akan membekas di ingatan konsumen dan menjadi suatu langkah awal menjadikan brand makananmu pilihan top of mind bagi konsumen.

Salah satu cara untuk membuat desain kemasan makanan unik dan kreatif tidak terlupakan adalah dengan mempertahankan konsistensi desainmu. Pastikan satu desain kemasan yang serupa bisa diaplikasikan untuk berbagai variasi produkmu. Misalnya, kamu memiliki produk kopi bubuk yang memerlukan kemasan standing pouch dan biskuit yang memerlukan kemasan three block seal. Nah, desain brand-mu harus tetap konsisten di kedua jenis kemasan tersebut.

supernovadigipack.com / Home Page

Itu dia 5 tips untuk membuat kemasan makanan unik dan kreatif. Setelah membuat desain kemasan makanan yang sesuai strategi pemasaran, unik, komunikatif, dan khas, ada satu hal yang tidak boleh kamu lupakan, yaitu mempertahankan kualitas kemasan makanan. 

Hal ini penting karena, pertama, desain kemasan makanan unik dan kreatif akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan kualitas kemasan yang baik. Bayangkan saja, kamu sudah membeli satu produk misalkan cookies yang tampak sangat menarik dari Kemasan Cookies tersebut, tapi ketika kamu membuka kemasannya, kamu menyadari bahwa bahan kemasan yang tidak berkualitas telah merusak kualitas makanan di dalamnya. 

Lalu, alasan kedua adalah bahan kemasan yang tidak berkualitas akan merusak desain menarikmu. Suatu desain kemasan makanan unik dan menarik akan tampak buruk jika dicetak di bahan kemasan yang tipis dan mudah sobek, bukan? Merugikan sekali, kan, jika kamu sudah mendesain kemasan dengan baik, tapi bahan kemasan yang buruk merusak desain tersebut?

 

Jadi, setelah proses desain, kamu harus memilih percetakan kemasan yang berkualitas. Untuk itu, Supernova Digipack menyediakan percetakan kemasan makanan ringan yang bisa menjawab semua kebutuhanmu untuk mengaplikasikan desain kemasan makanan unik dan kreatif

Ini dia cara Supernova Digipack menghasilkan kemasan makanan yang sesuai dengan kebutuhanmu :

1. Penggunaan mesin cetak HP Indigo 20000 yang mampu mencetak desain secara mendetail. Selain mendetail, mesin ini juga mencetak kemasan dengan warna yang sesuai dengan desainmu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pilihan warna yang tepat dan menarik sangat penting untuk mencetak kemasan makanan unik dan kreatif. Oleh karena itu, kami menjawab kebutuhanmu dengan menyediakan mesin yang bisa mempertahankan desain yang sudah kamu buat dan “memindahkannya” dengan baik ke atas kemasan.

2. Pemakaian teknologi laminasi yang bisa melaminasi berbagai jenis film menjadi multilayer. Bersama Supernova Digipack, kamu tidak perlu khawatir kegagalan desain kemasan makanan unik dan kreatif produkmu yang disebabkan oleh bahan kemasan yang tipis dan tidak berkualitas. Sesuai kebutuhan produk dan desainmu, ketebalan kemasan makanan bisa disesuaikan untuk menjaga kualitasnya. Menguntungkan, bukan?

3. Penyediaan teknologi untuk penambahan fitur kemasan yang sangat lengkap. Kamu ingin membuat desain kemasan makanan unik dan kreatif yang khas dan berbeda dari yang lain? Supernova Digipack siap mewujudkan kemasan out of the box versi kamu sendiri! Kamu bisa menggunakan berbagai aksesori kemasan yang lengkap seperti zipper lock ataupun valve. Selain menjadikan kemasanmu unik, berbagai fitur tersebut juga membantumu menjaga kualitas makananmu, lho!

Kemasan makanan unik dan kreatif

Itu dia cara Supernova Digipack menjawab berbagai kebutuhanmu untuk menciptakan kemasan makanan unik dan kreatif

Nah, untuk kamu yang baru merintis brand makananmu sendiri, kamu tidak perlu takut karena harus memesan kemasan dalam jumlah banyak. 

Minimum Order Quantity (MOQ) Supernova Digipack hanya 500 pcs, sehingga kamu tidak perlu memesan ribuan kemasan jika kuantitas produksimu memang belum terlalu banyak. 

Menguntungkan, bukan? Yuk, kunjungi website nya dan wujudkan idemu untuk kemasan makanan unik dan kreatif bersama Supernova Digipack!

Ringan.iD
Official Verified Account

Ringan.id adalah platform inovatif yang menyediakan berbagai informasi terkini tentang gaya hidup sehat, teknologi, berita viral, video dan tips produktivitas. Dengan fokus pada kemudahan dan keringanan, Ringan.id menjadi destinasi utama bagi individu yang mencari portal berita praktis untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

What's your reaction?


You may also like

Comments

https://ringan.id/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations